Translate

Fakta Baru, Lukisan Gua Tertua Dunia Ada di Indonesia

Posted by
Advertisement Here
è Ariefdwimuhidin ç  – Selamat Datang Di Arief Dwi Muhidin, Kali Ini Saya Akan Membagikan Artikel Kepada anda Semua. Dan kali ini saya akan membagikan Artikel Tentang Fakta Baru, Lukisan Gua Tertua Dunia Ada di Indonesia Kepada anda semua.




Nenek moyang orang Indonesia telah menggambar lukisan di gua sejak 40.000 tahun lalu. Dari usia lukisan mural di dinding gua itu, diyakini yang tertua yang pernah ada.

Seni prasejarah lukisan di gua tertua di dunia ternyata berasal dari Indonesia. Para ilmuwan menemukan karya seni tertua tersebut berupa sejumlah lukisan kuno di gua di wilayah Maros, Sulawesi Selatan, pertangahan tahun ini.

Sejauh ini, banyak yang menyangka temuan lukisan di gua-gua seperti itu hanya ditemukan di Eropa Barat. Seperti ditulis Jurnal Nature, para peneliti mengatakan temuan di Indonesia ini dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang kemampuan manusia memproduksi barang seni.

Sementara menurut studi terbaru menunjukan nenek moyang Indonesia telah menggambar sejak 40.000 tahun yang lalu. Dan usia lukisan mural yang ada di gua Indonesia itu diyakini yang paling tua di dunia, atau setidaknya pada masa yang sama dengan lukisan gua di Eropa.

Beberapa contoh karya seni dalam gua dirangkum Majalah Nature diantaranya lukisan stensil tangan, gambar hewan babi rusa yang diperkirakan berusia antara 35.000 dan 40.000 tahun dan ada juga cetakan-cetakan tangan berusia 39.900 tahun.

Para seniman purba membuat lukisan itu dengan menempelkan cat dengan tangan ke dinding dan langit-langit gua. Tak hanya gua di Indonesia, di gue El Castilo Spanyol juga ditemukan cetakan tangan dengan sisi warna merah yang diperkirakan berusia 40.800 tahun.

Sementara di Perancis tepatnya di gua Pont d'Arc ditemukan lukisan mamoth atau gajah purba dengan jejak kaki manusia yang diperkirakan berusia 30.000 tahun. Penemuan ini telah terdaftar dalam warisan dunia UNESCO.

Politisi Perancis, wartawan dan ilmuwan  menemukan mural-mural hewan seperti lembu, kucing dan gambar mural lainnya yang diperkirakan diukir 15.000 hingga 17.500 tahun yang lalu di gua dekat Montignac.
Back to Top