Translate

Enam Robot Tercanggih Masa Kini

Posted by
Advertisement Here
è Ariefdwimuhidin ç  – Selamat Datang Di Arief Dwi Muhidin, Kali Ini Saya Akan Membagikan Artikel Kepada anda Semua. Dan kali ini saya akan membagikan Artikel Tentang Enam Robot Tercanggih Masa Kini Kepada anda semua.


Sebagai satu-satunya makhluk yang memiliki akal dan pikiran, manusia tidak pernah berhenti untuk menciptakan sesuatu. Bahkan hal ini sudah dimulai sejak zaman manusia purba. Dengan kecerdasan manusia yang terus berkembang, zaman pun juga kut berkembang. Manusia bukan hanya menciptakan sesuatu untuk membantu pekerjaan, manusia juga membuat sesuatu untuk menggantikan mereka melakukan pekerjaan, salah satunya adalah robot. Sejak pertama usaha membuat robot dilakukan, perkembangannya berjalan sangatlah cepat. Berikut adalah beberapa robot canggih yang pernah dibuat.

1. Asimo
Bertujuan untuk menjadi asisten pribadi, Asimo terus dikembangkan oleh pembuatnya, Honda. Seiring dengan perkembangannya, Asimo dikenal sebagai robot dengan kemampuan pengenalan yang sangat baik. Robot ini dapat membedakan wajah manusia, suara, dan bentuk tubuh. Respon terhadap objek tersebut pun juga akan berbeda-beda.

2. Morpheus
Sistem pengendalian robot dengan remote atau komputer sudah sangatlah umum. Oleh karena itu, perkenalkanlah Morpheus, robot yang dapat diperintah dengan pikiran. Apabila penyempurnaan terus dilakukan, tentunya ini akan sangat membantu dimasa mendatang.

3. Actroid
Robot ini dibuat Kokoro Company Ltd yang bermarkas di Jepang. Dilengkapi dengan bentuk wajah yang dibuat mirip dengan manusia, Actroid juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menanggapi sentuhan. Bila seseorang hendak memukulnya, secara otomatis Actroid akan menghindar. Actroid akan diam saja apabila seseorang hendak membelainya.

4. HRP-4C
Robot yang memiliki kemiripan bentuk dengan manusia sedang gencar dikembangkan di Jepang. Salah satunya adalah HRP-4C. Keistimewaan HRP-4C ini adalah selain dapat mengenali wajah, percakapan, dan suara, HRP-4C juga dapat menghasilkan ekspresi wajah yang mendekati ekspresi manusia dengan sukses. 

5. EKSO BIONICS
Anggota tubuh buatan seperti lengan atau kaki sudah banyak dibuat untuk membantu para penderita cacat tubuh permanen. Lebih jauh, sebuah kaki mekanik bernama EKSO BIONICS muncul sebagai alternatif. EKSO BIONICS ini bekerja dengan mendeteksi keinginan pengguna dan secara otomatis menyesuaikan tenaga untuk berjalan. Alat canggih ini digadang-gadang dapat menggantikan kursi roda yang lebih kuno.

6. Human Support Robot
Human Support Robot atau HSR adalah robot buatan Toyota hasil penyempurnaan dari versi sebelumnya. Robot ini dapat dikontrol menggunakan smartphone atau tablet untuk memungut benda disekitar apabila pengguna sedang tidak dapat melakukannya sendiri. Sederhana namun cukup berguna.
Back to Top